PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN MENTAL DI TEMPAT KERJA

PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN MENTAL DI TEMPAT KERJA

PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN MENTAL DI TEMPAT KERJA

 

Apa yang dimaksud dengan kesehatan mental?

Kesehatan mental merupakan sebuah kondisi Dimana individu terbebas dari segala bentuk gejala gangguan-gangguan mental. Individu yang sehat secara mental dapat berfungsi secara normal dalam menjalankan hidupnya khususnya saat menyesuaikan diri untuk menghadapi masalah-masalah yang akan ditemui sepanjang hidup seseorang


Gangguan Kesehatan Mental

Gangguan kesehatan mental merupakan kondisi dimana seseorang individu mengalami kesulitan dalam menyesuaian diri dengan sekitarnya. Ketidakmampuan dalam memecahkan masalah sehingga menimbulkan stress berlebih menjadikan kesehatan mental individu tersebut menjadi lebih rentan dan akhirnya dinyatakan terkena gangguan kesehatan mental.


Tanda-tanda gangguan mental di tempat kerja

Seseorang dengan gangguan kesehatan mental dapat dilihat perubahan sikap yang ditandai dengan;

  • Sedih berkepanjangan
  • Mudah tersinggung
  • Cemas berlebihan
  • Mengkritik diri sendiri
  • Mudah menangis
  • Takut terhadap banyak hal
  • Murung/lesu
  • Mudah kaget
  • Menghindari interaksi
  • Tidak napsu makan
  • Masalah tidur (terlalu banyak tidur/sulit tidur)
  • Tidak produktif
  • Konflik dengan teman/keluarga
  • Tidak merawat diri/terlihat kacau

Tips Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Untuk menghindari gangguan kesehatan mental, Sobat Krakatau Medika dapat mengikuti tips dari Psikologis Klinis Rumah Sakit Krakatau Medika berikut ini;

·      Istirahat Sejenak , Luangkan waktu untuk beristirahat dan menjauh dari meja kerja. Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas kecil seperti berjalan atau peregangan.

·      Prioritaskan Tugas, Buatlah daftar prioritas untuk setiap tugas atau pekerjaan. Hal ini dapat mengurangi risiko penumpukan tugas.

·      Ciptakan Work-Life Balance, Tetapkan batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Prioritaskan kesehatan diri dengan berolahraga, menjaga kualitas tidur, bermain dengan keluarga atau teman.

·      Ciptakan Lingkungan Kerja yang Positif, Buatlah hubungan yang baik dengan rekan kerja dan menciptakan komunikasi yang terbuka.

·      Kelola Stres, Pelajari teknik relaksasi, seperti pernapasan dalam atau meditasi, untuk membantu mengatasi stres.

·      Berbicara dengan Seseorang, Jika merasa tertekan, bicarakan perasaan Anda dengan atasan atau rekan kerja yang dapat dipercaya. Terkadang, berbagi bisa meringankan beban.


Dengan Kesehatan mental baik, seseorang bisa memiliki kesejahteraan mental dalam psikologi dalam emosional, sosial yang tercermin dalam cara berfikir, merasa dan bertindak Kualitas kehidupan kerja yang baik mempengaruhi keberhasilan work-life balance pekerja. Tempat kerja dan keluarga menjadi faktor utama yang mempengaruhi tingkat keberhasilan work life balance.

#pkrs